Izin dan Penyelenggaraan Praktik Akupuntur Terapis



Izin dan Penyelenggaraan Praktik Akupuntur Terapis

No.

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 Tahun 2013 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan; 
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018 Tentang Izin Dan Penyelenggaraan Praktik Akupunktur Terapis;
  5. Peraturan Daerah Kabupaten Sekadau Nomor 2 Tentang Penyelenggaraan Perizinan Kesehatan;
  6. Peraturan Bupati Sekadau Nomor 31Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Sekadau Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pendelegasian Kewenangan Penandatanganan Penerbitan Perizinan Dan Nonperizinan  Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kabupaten Sekadau.

2.

Persyaratan Pelayanan

Baru / Perpanjangan :

Surat Permohonan diatas materai Rp.6.000 ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kab. Sekadau dengan Melampirkan :

  1. Fotokopi KTP Pemohon;
  2. Fotokopi ijazah yang dilegalisasi;
  3. Fotokopi STRAT yang masih berlaku dan dilegalisasi asli;
  4. Surat keterangan sehat dari dokter yang memiliki surat izin praktik;
  5. Surat pernyataan memiliki tempat praktik atau surat keterangan dari pimpinan Fasilitas Pelayanan Kesehatan tempat Akupunktur Terapis berpraktik;
  6. Pas foto terbaru dan berwarna dengan ukuran 4x6 (empat kali enam) cm sebanyak 3 (tiga) lembar;
  7. Rekomendasi dari kepala Dinas Kesehatan, PP dan KB Kabupaten Sekadau Rekomendasi dari Organisasi Profesi;
  8. Pakta Integritas tentang kebenaran dan keabsahan dokumen yang disampaikan ditandatangi oleh Pemohon.
  9. Permohonan disampaikan dua rangkap.

3.

Mekanisme dan Prosedur

  1. Pengambilan formulir permohonan di loket 1;
  2. Pengajuan berkas permohonan diloket 2 untuk dilakukan verifikasi;
  3. Apabila berkas permohonan dinyatakan lengkap maka dapat diterima, selanjutnya diproses dan disampaikan ke Dinas Kesehatan, PP dan KB Kabupaten Sekadau untuk diterbitkan rekomendasi. Dan jika berkas tidak lengkap maka akan dikembalikan kepada pemohon;
  4. Pemrosesan di Front Office dapat ditidaklanjuti setelah mendapat rekomendasi dari Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau;
  5. Pemrosesan di Back Office;
  6. Penandatangan Izin oleh Kepala Dinas;
  7. Penyerahan izin diloket 3.

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

 14 (Empat Belas) Hari Kerja

5.

Biaya /Tarif

 0,-

6.

Produk Pelayanan

 Dokumen SIP Akupunktur Terapis

7.

Penangan Pengaduan, saran dan masukan

  1. Melalui Kotak Saran dan Pengaduan;
  2. Melalui Telepon/Fax : 0564 – 2042075
  3. Surat / Email :kpmtskd2014@gmail.com
  4. Petugas Loket Pengaduan.


Posted in Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja on Oct 23, 2019

Telah dibaca sebanyak : 163 kali

Tags: Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja

Kembali