Izin Lingkungan



Izin Lingkungan

No.

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  1. UU Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup;
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik;
  3. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor: P.22/MENLHK/SETJEN/KUM.1/7/2018/K.1/8/2018 Tentang Norma, Standar, Prosedur, Dan Kriteria Pelayanan Perizinan Terintegrasi Secara Elektronik Lingkup Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan;
  4. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor: P.95/MENLHK/SETJEN/KUM.1/11/2018 Tentang Perizinan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun Terintegrasi Dengan Izin Lingkungan Melalui Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik
  5. Peraturan Bupati Sekadau Nomor 31 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Sekadau Nomor 18 Tahun 2019 tentang  Pendelegasian Kewenangan Penandatanganan Penerbitan Perizinan Dan Nonperizinan  Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kabupaten Sekadau.

2.

Persyaratan Pelayanan

Surat Permohonan diatas materai Rp.6.000 ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kab. Sekadau dengan Melampirkan :

A. Izin Lingkungan OSS

  1. Fotocopi KTP Pemilik/Pengurus/Penanggung Jawab;
  2. NIB yang aktif;
  3. Izin Lokasi;
  4. Keputusan Kelayakan Lingkungan Hidup untuk Usaha dan/atau Kegiatan yang wajib dilengkapi dengan Amdal, atau;
  5. Persetujuan Rekomendasi UKL-UPL untuk Usaha dan/atau Kegiatan yang wajib UKL-UPL, atau;
  6. SPPL untuk usaha mikro dan kecil dan Usaha dan/atau Kegiatan yang tidak wajib memiliki Amdal dan UKL-UPL;
  7. Dokumen Andal, RKL-RPL dan/ atau dokumen UKL-UPL yang sudah disahkah.
  8. Pakta Integritas tentang kebenaran dan keabsahan dokumen yang disampaikan ditandatangi oleh pimpinan/pemilik perusahaan.

B. Izin Lingkungan Non OSS

  1. Surat Permohonan Izin Lingkungan;
  2. Profil Perusahaan;
  3. Draf Formulir UKL/UPL atau Amdal.

3.

Mekanisme dan Prosedur

A. Izin Lingkungan lewat OSS :

  1. Pemohon Melakukan Pendaftaran di OSS (oss.go.id);
  2. Pemohon Melakukan Permohonan Berusaha Melalui OSS;
  3. Pemohon Mendapatkan NIB;
  4. Pemohon mengajukan penerbitan izin lingkungan dengan komitmen melalui lembaga OSS;
  5. Pemohon menyampaikan Pemenuhan Komitmen kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sekadau;
  6. Apabila pemenuhan komitmen telah terpenuhi Pemohon menyampaikan Persyaratan persetujuan pemenuhan komitmen kepada DPMPTSPTK Kabupaten Sekadau;
  7. DPMPTSPTK Melakukan Verifikasi Kesesuaian persyaratan dengan Peraturan Perundang-Undangan;
  8. DPMPTSPTK Kabupaten Sekadau Memberikan Persetujuan Pemenuhan Komitmen atau Penolakan Komitmen tidak Terpenuhi Melalui OSS;
  9. Pemohon Menerima Notifikasi Pemenuhan Komitmen dari OSS.

B. Izin Lingkungan Non OSS :

  1. Pengajuan berkas permohonan diloket 2 untuk dilakukan verifikasi;
  2. Apabila berkas permohonan dinyatakan lengkap maka dapat diterima, untuk selanjutnya diproses. Dan jika berkas tidak lengkap maka akan dikembalikan kepada pemohon;
  3. Pemrosesan di Front Office;
  4. Pemrosesan di Back Office;
  5. Penandatangan Izin oleh Kepala Dinas;
  6. Penyerahan izin diloket 3;

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

 5  Hari Kerja

5.

Biaya /Tarif

 0,-

6.

Produk Pelayanan

 Dokumen Izin Lingkungan

7.

Penangan Pengaduan, saran dan masukan

  1. Melalui Kotak Saran dan Pengaduan;
  2. Melalui Telepon/Fax : 0564 – 2042075
  3. Surat / Email :kpmtskd2014@gmail.com
  4. Petugas Loket Pengaduan.


Posted in Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja on Oct 23, 2019

Telah dibaca sebanyak : 160 kali

Tags: Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja

Kembali