Izin Lokasi



Izin Lokasi 

No.

Komponen

Uraian


1.


Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria;
  2. Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang;
  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik;
  4. Peraturan Menteri Agraria Dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Izin Lokasi;
  5. Peraturan Menteri Agraria Dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Pertimbangan Teknis Pertanahan;
  6. Peraturan Bupati Sekadau Nomor 31Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Sekadau Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pendelegasian Kewenangan Penandatanganan Penerbitan Perizinan Dan Nonperizinan  Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kabupaten Sekadau.

2.

Persyaratan Pelayanan

Surat Permohonan diatas materai Rp.6.000 ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kab. Sekadau dengan Melampirkan :

A. Tanpa Komitmen :

  1. Fotokopi KTP Pemilik/ Penanggung Jawab;
  2. Nomor Induk Berusaha (NIB);
  3. Izin Lokasi OSS;
  4. Pernyataan Persyaratan Izin Lokasi tanpa Komitmen;
  5. Bukti Penguasaan atas tanah (sertifikat, Surat Keterangan Tanah atau Surat Pernyataan Tanah);
  6. Denah Lokasi /sketsa yang memuat koordinat batas letak lokasi yang dimohon;
  7. Rekomendasi Tata Ruang dari Dinas PUPR Kabupaten Sekadau;
  8. Pakta Integritas tentang kebenaran dan keabsahan dokumen yang disampaikan ditandatangi oleh pimpinan/pemilik perusahaan diatas materai Rp 6.000,-;

B. Dengan Komitmen :

  1. Fotokopi KTP Pimpinan Perusahaan;
  2. Nomor Induk Berusaha (NIB);
  3. Izin Lokasi OSS;
  4. Proposal Rencana Kegiatan;
  5. Rekomendasi Tata Ruang dari Dinas PUPR Kabupaten Sekadau;
  6. Surat Pernyataan Pemenuhan Komitmen Izin Lokasi diatas materai Rp 6.000,-;
  7. Surat pernyataan mengenai letak dan luas tanah yang sudah dikuasai oleh pelaku usaha dan pelaku usaha lain yang merupakan 1 (satu) grup diatas materai Rp 6.000,-;
  8. Peta/sketsa lokasi yang memuat koordinat batas letak lokasi yang dimohon;
  9. Pertimbangan teknis Pertanahan;
  10. Pakta Integritas tentang kebenaran dan keabsahan dokumen yang disampaikan ditandatangi oleh pimpinan/pemilik perusahaan.

3.

Mekanisme dan Prosedur

A. Tanpa Komitmen :

  1. Pemohon Melakukan Pendaftaran di OSS (oss.go.id);
  2. Pemohon Melakukan Permohonan Berusaha Melalui OSS;
  3. Pemohon Mendapatkan NIB , dan Perizinan Berusaha melalui OSS;
  4. Pemohon menyampaikan Pemenuhan Komitmen ke DPMPTSPTK Kabupaten Sekadau;
  5. DPMPTSPTK Melakukan Verifikasi Kesesuaian Komitmen dengan Peraturan Perundang-Undangan;
  6. Jika komitmen terpenuhi DPMPTSPTK Menerbitkan Izin Lokasi;
  7. DPMPTSPTK Kabupaten Sekadau Memberikan Persetujuan Pemenuhan Komitmen atau Penolakan Komitmen tidak Terpenuhi Melalui OSS;
  8. Pemohon Menerima Notifikasi Pemenuhan Komitmen dari OSS.

B. Dengan Komitmen

  1. Pemohon Melakukan Pendaftaran di OSS (oss.go.id);
  2. Pemohon Melakukan Permohonan Berusaha Melalui OSS;
  3. Pemohon Mendapatkan NIB , dan Perizinan Berusaha melalui OSS;
  4. Pemohon menyampaikan persyaratan pertimbangan teknis pertanahan kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Sekadau.
  5. Pemohon melakukan Pemenuhan Komitmen pada DPMPTSPTK Kabupaten Sekadau;
  6. DPMPTSPTK Melakukan Verifikasi Kesesuaian Komitmen dengan Peraturan Perundang-Undangan;
  7. Jika komitmen terpenuhi DPMPTSPTK Menerbitkan Izin Lokasi;
  8. DPMPTSPTK Kabupaten Sekadau Memberikan Persetujuan Pemenuhan Komitmen atau Penolakan Komitmen tidak Terpenuhi Melalui OSS;
  9. Pemohon Menerima Notifikasi Pemenuhan Komitmen dari OSS.

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

 2  Hari Kerja

5.

Biaya /Tarif

 0,-

6.

Produk Pelayanan

 Dokumen Persetujuan/ Penolakan Izin Lokasi

7.

Penangan Pengaduan, saran dan masukan

  1. Melalui Kotak Saran dan Pengaduan;
  2. Melalui Telepon/Fax : 0564 – 2042075
  3. Surat / Email :kpmtskd2014@gmail.com
  4. Petugas Loket Pengaduan.


Posted in Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja on Oct 23, 2019

Telah dibaca sebanyak : 143 kali

Tags: Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja

Kembali