Izin Pembuangan Air Limbah



Izin Pembuangan Air Limbah

No.

Komponen

Uraian

1

Dasar Hukum

  1. UU Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup;
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik;
  3. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor: P.22/MENLHK/SETJEN/KUM.1/7/2018/K.1/8/2018 Tentang Norma, Standar, Prosedur, Dan Kriteria Pelayanan Perizinan Terintegrasi Secara Elektronik Lingkup Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan;
  4. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.102/MENLHK/SETJEN/KUM.1/11/2018 Tentang Tata Cara Perizinan Pembuangan Air Limbah Melalui Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik;
  5. Peraturan Bupati Sekadau Nomor 31 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Sekadau Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pendelegasian Kewenangan Penandatanganan Penerbitan Perizinan Dan Nonperizinan  Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kabupaten Sekadau.

2.

Persyaratan Pelayanan

Surat Permohonan diatas materai Rp.6.000 ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kab. Sekadau dengan Melampirkan :

  1. Izin Lingkungan yang berlaku efektif
  2. Tanda Bukti Validasi Dokumen Permohonan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sekadau;
  3. Berita Acara Verifikasi Pemenuhan Komitmen;
  4. Surat rekomendasi telah terpenuhinya Komitmen; atau surat rekomendasi belum terpenuhinya Komitmen disertai alasan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sekadau;
  5. Pakta Integritas tentang kebenaran dan keabsahan dokumen yang disampaikan ditandatangi oleh pimpinan/pemilik perusahaan.


3.

Mekanisme dan Prosedur

  1. Pemohon Melakukan Pendaftaran di OSS (oss.go.id);
  2. Pemohon Mendapatkan NIB;
  3. Pemohon Melakukan Permohonan Berusaha Melalui OSS;
  4. Pemohon mengajukan penerbitan izin Pembuangan Air Limbah dengan komitmen melalui lembaga OSS;
  5. Pemohon menyampaikan Pemenuhan Komitmen kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sekadau;
  6. Apabila pemenuhan komitmen telah terpenuhi Pemohon menyampaikan Persyaratan persetujuan pemenuhan komitmen kepada DPMPTSPTK Kabupaten Sekadau;
  7. DPMPTSPTK Melakukan Verifikasi Persyaratan Kesesuaian dengan Peraturan Perundang-Undangan;
  8. DPMPTSPTK Kabupaten Sekadau Memberikan Persetujuan Pemenuhan Komitmen atau Penolakan Komitmen tidak Terpenuhi Melalui OSS;
  9. Pemohon Menerima Notifikasi Pemenuhan Komitmen dari OSS.

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

  5 (lima) Hari Kerja

5.

Biaya /Tarif

  0,-

6.

Produk Pelayanan

  Dokumen   Izin Pembuangan Air Limbah; atau Surat pernyataan belum terpenuhinya komitmen.

7.

Penangan Pengaduan, saran dan masukan

  1. Melalui Kotak Saran dan Pengaduan;
  2. Melalui Telepon/Fax : 0564 – 2042075
  3. Surat / Email :kpmtskd2014@gmail.com
  4. Petugas Loket Pengaduan.


Posted in Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja on Oct 23, 2019

Telah dibaca sebanyak : 123 kali

Tags: Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja

Kembali