Izin Pendirian Balai Pengobatan / Klinik / Klinik Bersalin



IZIN PENDIRIAN BALAI PENGOBATAN / KLINIK / KLINIK BERSALIN

NO

KOMPONEN

 

URAIAN

1

Produk Layanan


Izin Pendirian Balai Pengobatan / Klinik /  Klinik Bersalin

2


Persyaratan


  1. Untuk mendirikan da menyelanggarakan klinik harus mendapat izin dari pemerintah daerah kabupaten/kota setelah mendapat rekomendasi dari dinas kesehatan kabupaten/kota setempat.
  2. Dinas kesehatan kabupaten/kota mengeluarkan rekomendasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) setelah    klinik memenuhi ketentuan persyaratan klinik dalam peraturan ini.
  3. Permohonan izin klinik diajukan dengan melampirkan :
    1. Surat rekomendasi dari dinas kesehatan setempat
    2. Salinan/fotocopy pendirian badan usaha kecuali untuk kepemilikan perorangan
    3. Identitas lengkap pemohon
    4. Surat keterangan persetujuan lokasi dari pemerintah daerah setempat
    5. Bukti hak kepemilikan atau penggunaan tanah atau izin penggunaan bangunan untuk penyelenggaraan       kegiatan bagi milik pribadi atau surat kontrak minimal selama 5 (lima) tahun bagi yang menyewa
    6. Dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL)
    7. Profil klinik yang akan didirikan meliputi struktur organisasi kepengurusan, tenaga kesehatan, saranan
    8. Persyaratan asministrasi lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
    9. Izin klinik diberikan untuk jangka waktu 5 (lima) tahun dan dapat diperpanjang dengan mengajukan permohonan perpajangan 6 (enam) bulan sebelum habis masa berlaku izinnya.
  4. Bangunan klinik paling sedikit terdiri atas :
    1. Ruang pendaftaran/ruang tunggu;
    2. Ruang konsultasi dokter;
    3. Ruang administrasi;
    4. Ruang tindakan;
    5. Ruang farmasi;
    6. Kamar mandi/wc.
  5. Prasarana klinik meliputi :
    1. Instalasi air;
    2. Instalasi listrik;
    3. Instalasi sirkulasi udara;
    4. Sarana pengolahan limbah;
    5. Pencegahan dan penanggulangan kebakaran;
  6. Syarat peralatan
    1. Memenuhi standar mutu, keamanan dan keselamatan
    2. Memiliki izin edar
    3. Harus diuji dan dikalibrasi secara berkala oleh Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan  dan / atau institusi pengujian dan pengkablirasi yang berwenang.

PIMPINAN

KLINIK PRATAMA

  1. Pimpinan Klinik Pratama adalah seorang dokter atau doker gigi
  2. Tenaga medis pada klinik pratama minmal terdiri dari 2 (dua) orang dokter dan

KLINIK UTAMA

  1. Pimpinan Klinik Utama adalah dokter spesialis atau dokter gigi spesialis yang memiliki komputer sesuai  dengan jenis kliniknya.
  2. Tenaga medis pada klinik utama minimal terdiri dari 1 (satu) orang dokter spesialis dari masing-masing spesialisasi sesuai jenis pelayanan yang diberikan.
  3. Klinik utama dapat memperkerjakan dokter dan/atau dokter gigi sebagai tenaga pelaksana pelayanan media.

SURAT IZIN PRAKTEK

  1. Setiap tenaga medis yang berpraktik di klinik harus mempunyai Surat Tanda RegrestrasiPraktek (SIP) sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.
  2. Setiap tenaga kesehatan lain yang bekerja diklinik harus mempunyai Surat Izin sebagairegistrasi/Surat Tanda regristrasi dan Surat Izin Kerja (SIK) atau Surat Izin Praktik Apoteker ketentuan peraturan perundang-undangan.

PELAYANAN RAWAT INAP

    1. Klinik yang menyelenggarakan pelayanan rawat inap harus menyediakan :

  1. Ruang rawat inap yang memenuhi persyaratan
  2. Tempat tidur pasien meinimal 5 (lima) dan maksimal 10 (sepuluh)
  3. Tenaga medis dan keperawatan yang sesuai jumlah dan kualifikasinya
  4. Tenaga gizi, tenaga analis kesehatan, tenaga kefarmasian dan tenaga kesehatan
  5. Dapur gizi
  6. Pelayanan laboratorium klinik pratama

    2. Pelayanan rawat inap hanya dapat dilakukan dengan maksimal selama 5 ( hari)

LABORATORIUM KLINIK

  1. Klinik dapat menyelenggarakan pelayanan laboratorium klinik
  2. Perizinan laboratorium klinik terintegrasi dengan perizinan kliniknya
  3. Klinik menyelenggarakan pengelolaan dan pelayanan kefarmasian melalui ruang farmasi dilaksanakan oleh apoteker yang memiliki kompetensi dan kewenangan untuk itu.

KEWAJIBAN

  1. Dalam memberikan pelayanan, klinik berkewajiban :
    1. Memberikan pelayanan yang aman, bermutu dengan mengutamakan kepentingan terbaik p dengan standar profesi, standar pelayanan dan standar prosedur operasional
    2. dengan standar profesi, standar pelayanan dan standar prosedur operasionaluang muka terlebih dahulu atau mendahulukan kepentingan finansial
    3. Memperoleh persetujuan atas tindakan yang akan dilakukan (Informed consent)
    4. Menyelenggarakan rekam medis
    5. Melaksankan sistem rujukan
    6. Menolak keingina pasien yang bertentangan dengan standar profesi dan etika serta peraturan Undang-undangan
    7. Menghormati hak-hak pasien
    8. Melaksanakan kendali mutu dan kendali biaya berdasarkan ketentuan peraturan
    9. Memiliki peraturan internal dan standar prosedur operasional
    10. Melaksanakan program pemerintah dibidang kesehatan baik secara regional maupun nasional
    11. Memasang papan nama klinik
    12. Membuat daftar tenaga medis dan tenaga kesehatan lain yang bekerja diklinik beserta nomor Regristrasi dan Surat Izin Praktik (SIP) bagi tenaga medis dan surat izin sebagai tanda regristrasiTanda Regristrasi dan Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA) atau Surat Izin Kerja (SIK) bagi tenaga   lain.
    13. Melaksanakan pencatatatan untuk penyakit – penyakit tertentu  dan melaporakan
    14. kesehatan kabupaten/kota dalam rangka pelaksanaan program pemerintah sesuai ketetentuan peraturan perundang-unfangan.

3


Sistem Mekanismes dan Prosedur


  1. Mengajukan berkas pemohonan ke Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau
  2. Pemeriksaan berkas ( tidak lengkap di kembalikan )
  3. Survey Lapnagan
  4. Penetpa SKRD
  5. Proses Izin
  6. Penyerahan Izin

4

Waktu Pelayanan


Waktu Pelayanan 14 ( empat belas ) Hari Kerja

5

Biaya / Tarif


Tidak di punggut biaya

6

Pengelola Pengaduan


085245529625


Posted in Dinas Kesehatan PP & KB on Jul 01, 2019

Telah dibaca sebanyak : 257 kali

Tags: Dinas Kesehatan PP & KB

Kembali