Izin Perubahan Penggunaan Tanah (IPPT)



Izin Perubahan Penggunaan Tanah (IPPT)

No.

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria;
  2. Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang;
  3. Peraturan Menteri Agraria Dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Pertimbangan Teknis Pertanahan;
  4. Peraturan Bupati Sekadau Nomor 31Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Sekadau Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pendelegasian Kewenangan Penandatanganan Penerbitan Perizinan Dan Nonperizinan  Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kabupaten Sekadau.

2.

Persyaratan Pelayanan

A. Badan Hukum :

  1. Mengisi Formulir Permohonan;
  2. Fotokopi KTP Pimpinan Perusahaan;
  3. Nomor Induk Berusaha (NIB);
  4. Fotocopy Bukti Kepemilikan Tanah;
  5. Fotocopy Tanda Lunas PBB tahun berjalan
  6. Fotocopy risalah Pertimbangan Teknis Pertanahan
  7. Pakta Integritas tentang kebenaran dan keabsahan dokumen yang disampaikan ditandatangi oleh pimpinan/pemililk perusahaan diatas materai Rp 6.000,-;

B. Perorangan :

  1. Mengisi Formulir Permohonan;
  2. Fotokopi KTP ;
  3. Fotocopy Bukti Kepemilikan Tanah;
  4. Fotocopy Tanda Lunas PBB tahun berjalan
  5. Fotocopy risalah Pertimbangan Teknis Pertanahan
  6. Pakta Integritas tentang kebenaran dan keabsahan dokumen yang disampaikan ditandatangi oleh pimpinan/pemililk perusahaan diatas materai Rp 6.000,-;

3.

Mekanisme dan Prosedur

  1. Pengambilan formulir permohonan di loket 1;
  2. Pengajuan berkas permohonan diloket 2 untuk dilakukan verifikasi;
  3. Apabila berkas permohonan dinyatakan lengkap maka dapat diterima untuk diproses, dan jika berkas tidak lengkap maka akan dikembalikan kepada pemohon;
  4. Pemrosesan di Front Office; 
  5. Pemrosesan di Back Office;
  6. Penandatangan Izin oleh Kepala Dinas;
  7. Penyerahan izin diloket 3.

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

  5 Hari Kerja

5.

Biaya /Tarif

  0,-

6.

Produk Pelayanan

Dokumen Izin Perubahan Penggunaan Tanah (IPPT)

7.

Penangan Pengaduan, saran dan masukan

  1. Melalui Kotak Saran dan Pengaduan;
  2. Melalui Telepon/Fax : 0564 – 2042075
  3. Surat / Email :kpmtskd2014@gmail.com
  4. Petugas Loket Pengaduan.


Posted in Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja on Oct 23, 2019

Telah dibaca sebanyak : 136 kali

Tags: Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja

Kembali