Izin Praktik Perawat



Izin Praktik Perawat

No.

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor HK.02.02/Menkes/148/I/2010 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Perawat;
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor Hk.02.02/Menkes/148/I/2010 Tentang Izin Dan Penyelenggaraan Praktik Perawat;
  5. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 Tahun 2013 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan;
  6. Peraturan Daerah Kabupaten Sekadau Nomor 2 Tentang Penyelenggaraan Perizinan Kesehatan;
  7. Peraturan Bupati Sekadau Nomor 31 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Sekadau Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pendelegasian Kewenangan Penandatanganan Penerbitan Perizinan Dan Nonperizinan  Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kabupaten Sekadau.

2.

Persyaratan Pelayanan

Baru/Perpanjangan :

Surat Permohonan diatas materai Rp.6.000 ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kab. Sekadau dengan Melampirkan :

  1. Fotokopi KTP;
  2. Surat keterangan sehat fisik dari dokter yang memiliki Surat Izin Praktik;
  3. Fotokopi  Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku di legalisir;
  4. Surat pernyataan memiliki tempat di praktik mandiri atau di fasilitas pelayanan kesehatan di luar praktik mandiri; ;
  5. Surat rekomendasi dari organisasi profesi (PPNI), sesuai tempat praktik;
  6. Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 3 (tiga) lembar;
  7. Denah Lokasi Tempat Praktik;
  8. Pakta Integritas tentang kebenaran dan keabsahan dokumen yang disampaikan ditandatangi oleh Pemohon.
  9. Permohonan disampaikan dua rangkap.

3.

Mekanisme dan Prosedur

  1. Pengambilan formulir permohonan di loket 1;
  2. Pengajuan berkas permohonan diloket 2 untuk dilakukan verifikasi;
  3. Apabila berkas permohonan dinyatakan lengkap maka dapat diterima, selanjutnya diproses dan disampaikan ke Dinas Kesehatan, PP dan KB Kabupaten Sekadau untuk diterbitkan rekomendasi. Dan jika berkas tidak lengkap maka akan dikembalikan kepada pemohon;
  4. Pemrosesan di Front Office dapat ditidaklanjuti setelah mendapat rekomendasi dari Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau;
  5. Pemrosesan di Back Office;
  6. Penandatangan Izin oleh Kepala Dinas;
  7. Penyerahan izin diloket 3.

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

 14 (Empat belas) Hari Kerja

5.

Biaya /Tarif

 0,-

6.

Produk Pelayanan

 Dokumen Izin Praktik Perawat

7.

Penangan Pengaduan, saran dan masukan

  1. Melalui Kotak Saran dan Pengaduan;
  2. Melalui Telepon/Fax : 0564 – 2042075
  3. Surat / Email :kpmtskd2014@gmail.com
  4. Petugas Loket Pengaduan.


Posted in Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja on Oct 23, 2019

Telah dibaca sebanyak : 110 kali

Tags: Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja

Kembali