Izin Usaha Hortikultura



Izin Usaha Hortikultura

No.

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2010 tentang Hortikultura;
  2. Undang-Undang No. 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang;
  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik;
  4. Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Perizinan Berusaha Sektor Pertanian;
  5. Peraturan Bupati Sekadau Nomor 31 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Sekadau Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pendelegasian Kewenangan Penandatanganan Penerbitan Perizinan Dan Nonperizinan  Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kabupaten Sekadau.

2.

Persyaratan Pelayanan

Surat Permohonan diatas materai Rp.6.000 ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kab. Sekadau dengan melampirkan :

  1. Fotokopi KTP Pimpinan Perusahaan;
  2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
  3. Fotokopi Izin Lokasi yang dilengkapi dengan peta calon lokasi dengan skala 1 : 100.000 atau 1 : 50.000;
  4. Fotokopi Izin Lingkungan
  5. Fotokopi Surat Ketetapan Pajak Daerah  (SKPD) tahun terakhir;
  6. Bukti Pembayaran Iuran BPJS Ketenagakerjaan;
  7. Mengisi Formulir Pendaftaran Badan Usaha /Badan Hukum Lainnya Pekerja Penerima Upah BPJS Kesehatan;
  8. Pakta Integritas tentang kebenaran dan keabsahan dokumen yang disampaikan ditandatangi oleh pimpinan/pemilik perusahaan.

A. Khusus Persyaratan Izin Usaha Budi Daya Hortikultura.

  1. Studi kelayakan usaha dan rencana kerja usaha;
  2. Keterangan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan atau Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  3. Pernyataan akan melakukan kemitraan; dan
  4. Hak Guna Usaha.

B. Khusus Persyaratan Izin Usaha Perbenihan hortikultura

  1. Keterangan telah melaksanakan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan atau Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup;
  2. Sertifikat kompetensi produsen oleh perangkat daerah yang melaksanakan sub urusan pengawasan dan sertifikasi benih;
  3. Pernyataan akan melakukan kemitraan; dan
  4. Surat penguasaan lahan.

3.

Mekanisme dan Prosedur

  1. Pemohon Melakukan Pendaftaran di OSS (oss.go.id);
  2. Pemohon Melakukan Permohonan Berusaha Melalui OSS;
  3. Pemohon Mendapatkan NIB, dan Perizinan Berusaha melalui OSS;
  4. Pemohon melakukan Pemenuhan Komitmen pada DPMPTSPTK Kabupaten Sekadau, untuk selanjutnya disampaikan kepada Instansi Terkait;
  5. DPMPTSPTK Melakukan Verifikasi Kesesuaian Komitmen dengan Peraturan Perundang-Undangan;
  6. Tim Teknis Perizinan dan Nonperizinan Kabupaten Sekadau Melakukan Survey dan/atau Monitoring Perizinan ke tempat Lokasi Usaha dengan membuat hasil pemeriksaan lapangan untuk disampaikan kepada DPMPTSPTK.
  7. DPMPTSPTK Kabupaten Sekadau Memberikan Persetujuan Pemenuhan Komitmen atau Penolakan Komitmen tidak Terpenuhi Melalui OSS;
  8. Pemohon Menerima Notifikasi Pemenuhan Komitmen dari OSS.

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

 5 Hari Kerja

5.

Biaya /Tarif

 0,-

6.

Produk Pelayanan

 Dokumen Izin Usaha Hortikultura

7.

Penangan Pengaduan, saran dan masukan

  1. Melalui Kotak Saran dan Pengaduan;
  2. Melalui Telepon/Fax : 0564 – 2042075
  3. Surat / Email :kpmtskd2014@gmail.com
  4. Petugas Loket Pengaduan.


Posted in Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja on Oct 24, 2019

Telah dibaca sebanyak : 124 kali

Tags: Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja

Kembali