Izin Usaha Kawasan Industri



Izin Usaha Kawasan Industri 

No.

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian;
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 142 Tahun 2015 tentang Kawasan Industri;
  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik;
  4. Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor  39/M-IND/PER/6/2016  Tentang Tata Cara Pemberian Izin Kawasan Industri dan Izin Perluasan Kawasan Industri;
  5. Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor  38 Tahun 2018 Tentang Akun Sistem Informasi Industri Nasional;
  6. Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Penyampaian Data Industri, Data Kawasan Industri, Data Lain, Informasi Industri dan Informasi Lain Melalui Sistem Informasi Industri Nasional;
  7. Peraturan Bupati Sekadau Nomor 31 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Sekadau Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pendelegasian Kewenangan Penandatanganan Penerbitan Perizinan Dan Nonperizinan  Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kabupaten Sekadau.

2.

Persyaratan Pelayanan

Surat Permohonan diatas materai Rp.6.000 ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kab. Sekadau dengan Melampirkan :

  1. Fotokopi KTP Pimpinan Perusahaan;
  2. Nomor Induk  Berusaha yang  diterbitkan melalui OSS;
  3. Memiliki Akun SIINas;
  4. Notifikasi penyampaikan data industri.
  5. Izin Lokasi yang berlaku efektif;
  6. Izin Lingkungan yang berlaku efektif;
  7. Notifikasi  permohonan pemeriksaan lapangan melalui SIINas;
  8. Fotokopy Surat Persetujuan ANDALALIN Kawasan Industri;
  9. Rekomendasi Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri;
  10. Fotocopy Rencana Tapak (Site Plan) yang sudah disahkan oleh instansi berwenang;
  11. Laporan     data     Kawasan     Industri;
  12. Fotokopi Surat Pelepasan Hak atau sertifikat atas tanah yang telah dikuasai dan siap digunakan;
  13. Fotokopi dokumen Tata Tertib Kawasan Industri (estate regulation) yang sesuai dengan Pedoman Teknis Pembangunan Kawasan Industri;
  14. Susunan pengurus pengelola  Kawasan  Industri. Fotokopi  Surat Ketetapan Pajak Daerah  (SKPD) tahun terakhir;
  15. Melampirkan Fotokopi bukti pembayaran BPJS Ketenagakerjaan;
  16. Mengisi Formulir Pendaftaran Badan Usaha /Badan Hukum Lainnya Pekerja Penerima Upah BPJS Kesehatan;
  17. Pakta Integritas tentang kebenaran dan keabsahan dokumen yang disampaikan ditandatangi oleh pimpinan/pemililk perusahaan. 

3.

Mekanisme dan Prosedur

  1. Pemohon Melakukan Pendaftaran di OSS (oss.go.id);
  2. Pemohon Melakukan Permohonan Berusaha Melalui OSS;
  3. Pemohon Mendapatkan NIB , dan Perizinan Berusaha melalui OSS;
  4. Pemohon Mengajukan Akun SIINas melalui : https://siinas.kemenperin.go.id.
  5. Pemohon menyampaikan data industri melalui SIINas;
  6. Pemohon mengajukan pemeriksaaan lapangan melalui SIINas;
  7. Setelah mendapat notifikasi dari SIINas  Tim Teknis Perizinan dan Non Perizinan Kabupaten Sekadau Melakukan Pemeriksaaan lapangan ke tempat Lokasi Usaha. Dan akan dibuat berita acara pemeriksaan;
  8. DPMPTSPTK Kabupaten Sekadau mengunggah BAP dan bukti pendukung melalui SIINas;
  9. Pemohon melakukan Pemenuhan Komitmen pada DPMPTSPTK Kabupaten Sekadau;
  10. DPMPTSPTK Melakukan Verifikasi Kesesuaian Komitmen dengan Peraturan Perundang-Undangan;
  11. DPMPTSPTK Kabupaten Sekadau Memberikan Persetujuan Pemenuhan Komitmen atau Penolakan Komitmen tidak Terpenuhi Melalui OSS;
  12. Pemohon Menerima Notifikasi Pemenuhan Komitmen dari OSS.

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

  5  Hari Kerja

5.

Biaya /Tarif

  0,-

6.

Produk Pelayanan

  Dokumen Izin Usaha Kawasan Industri

7.

Penangan Pengaduan, saran dan masukan

  1. Melalui Kotak Saran dan Pengaduan;
  2. Melalui Telepon/Fax : 0564 – 2042075
  3. Surat / Email :kpmtskd2014@gmail.com
  4. Petugas Loket Pengaduan.


Posted in Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja on Oct 25, 2019

Telah dibaca sebanyak : 216 kali

Tags: Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja

Kembali