Pelayanan Layanan Data dan Pengaduan



STANDAR PELAYANAN LAYANAN DATA DAN PENGADUAN

 

NO

 

KOMPONEN

 

URAIAN

1.

Dasar Hukum
  1. Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
  2. Undang –Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteran sosial.
  3. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2018  tentang Penyandang Disabilitas
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 52 tahun 2019 tentang upaya Peningkatan Kesejahteran Sosial Penyandang Disabilitas
  5. Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 67 Tahun 2020 tentang Syarat dan tata cara Pemberian Penghargaan dan Penghormatan Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas

2.

Produk Layanan

Pelayanan data dan Pengaduan

3.

Persyaratan Pelayanan

  1. Surat Permohonan tertulis maupun Ponsel
  2. Menunjukan Identitas Pribadi
  3. Foto copy KTP/SIM
  4. Mengisi Buku Tamu atau daftar Buku Pengaduan
  5. Mengisi Formulir permintaan Data yang dibutuhkan dan Pengaduan
  6. Menyertakan nomor telepon yang dapat dihubungi

4.

Sistem Mekanisme dan Prosedur

  1. Pemohon datang Kekantor dan menjumpai petugas layanan data dan pengaduan
  2. Pemohon  Mengisi Buku Tamu atau buku Pengaduan dengan memperlihatkan Identitas diri ( KTP,SIM dll)
  3. Pemohon Mengisi Formulir Permintaan data atau Pengaduan
  4. Petugas Pelayanan memproses permintaan permohon sesuai dengan  formulir
  5. Petugas administrasi melakukan registrasi surat Pemohon dan menyampaikan ke sekretaris. Untuk selanjutnya Sekretaris meminta pertimbangan Kepala Dinas.
  6. Kepala Dinas memberikan disposisi kepada Kepala Bidang sesuai dengan kebutuhan dan dilanjutkan kepada kepala Seksi.
  7. Kepala Seksi akan melakukan observasi serta verifikasi apakah memenuhi syarat untuk dapat data dan menerima Pengaduan untuk ditindak lanjuti atau sebaliknya dikembalikan kepada Pemohon.
  8. Kepala Seksi Meneruskan kepada Petugas data dan Pejabat Pengaduan untuk diproses permintaanya
  9. Petugas data dan Pejabat Pengaduan memproses permintaan Pemohon
  10. Kepala Bidang memeriksa dan memberi paraf Permintaan Pemohon dilanjutkan kepada Sekretaris.
  11. Sekretaris memeriksa dan memberi paraf Koordinasi.
  12. Kepala Dinas mengkaji menanda tangani Permintaan Pemohon
  13. Petugas administrasi menyerahkan Permintaan data kepada pemohon sesuai yang dibutuhkan sedangkan Pengaduan  akan diproses sesuai dengan pengaduan yang disampaikan dan ditindaklanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku

5.

Jangka Waktu Penyelesaian

1 s/d 3 Minggu ( Sesuaikan dengan data yang diminta dan berat atau ringannya masalah Pengaduan yang disampaikan )

6.

Biaya /Tarif

Tidak di pungut biaya / GRATIS.

7.

Penanganan pengaduan, saran dan masukan

Email : bidang.rehsos.sekadau.@gmail.Com

Telpon/SMS/ WhatsApp 085252375905

Posted in Dinas Sosial PP dan PA on Jun 18, 2021

Telah dibaca sebanyak : 16 kali

Tags: Dinas Sosial PP dan PA

Kembali