Pelayanan Pendampingan Terhadap Perempuan Korban Kekerasan



PELAYANAN PENDAMPINGAN TERHADAP PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN 

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum
  1. Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.
  2. Undang – Undang Nomor 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban.
  3. Undang – Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.
  4. Undang – Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

2.

Persyaratan Pelayanan

Pendamping dan atau korban datang dengan persyaratan :

  1. Kartu identitas korban dan atau pendamping.
  2. Surat keterangan bila korban dirujuk dari institusi atau lembaga lain.
  3. Mengisi surat pernyataan serta formulir yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan.

3.

Mekanisme dan Prosedur Pengaduan Langsung

  1. Korban / Pendamping, datang kebidang Pemberdayaan Perempuan dan mengisi buku tamu.
  2. Korban / Pendamping, mengisi formulir yang telah disediakan.
  3. Korban menyampaikan kronologi kejadian dan petugas mencatat kronologi kejadian yang disampaikan Korban.
  4. Rujukan Pelayanan bagi Korban kepelayanan Kesehatan, Psikologi, Hukum, Sosial dan Ekonomi.
  5. Petugas memberikan Konsling seperlunya.

4.

Mekanisme dan Prosedur Pengaduan Tidak Langsung

  1. Laporan pengaduan tindak kekerasan terhadap perempuan dirujuk/ diterima dari masyarakat dan atau lembaga lain (Kepolisian).
  2. Staf administrasi/ pejabat pengaduan menerima dan menyampaikan berkas kasus pada petugas layanan (Kasi PP) untuk ditindaklanjuti.
  3. Petugas layanan (Kasi PP) menerima berkas kasus dan melakukan klarifikasi berupa identifikasi dan analisis.
  4. Petugas layanan (Kasi PP) melaporkan hasil klarifikasi kasus kepada Kabid PPPA untuk ditelaah dan ditindaklanjuti.
  5. Pelayanan berupa pendampingan Hukum, Psikologi, Sosial dan Ekonomi kepada pelapor dan pihak terkait berdasarkan rekomendasi dari Kepala Dinas.

5.

Jangka Waktu

Sampai kasus korban terselesaikan, karena setiap kasus relatif waktu penyelesaiannya.

6.

Biaya/Tarif

0,-

7.

Produk Layanan

Pendamping Terhadap Perempuan Korban Kekerasan.

8.

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

Melalui Kotak Saran dan Pengaduan, Surat, SMS, Telpon serta melalui Petugas Loket Pengaduan.

E-mail     :  dinsos.skd@gmail.com

Telp         :  (0564)-2021694

                  - 082251233443

                  - 082150452666

Posted in Dinas Sosial PP dan PA on Jul 03, 2019

Telah dibaca sebanyak : 189 kali

Tags: Dinas Sosial PP dan PA

Kembali