Pelayanan Penerbitan Rekomendasi Adopsi Anak



STANDAR PELAYANAN PENERBITAN REKOMENDASI PENGANGKATAN ANAK

 

NO

 

KOMPONEN

 

URAIAN

1.

Dasar Hukum

  1. Pasal 5 Ayat(2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  2. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Sebagaimana telah diubah beberapa kali dengan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2016.
  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Pengangkatan anak.

2.

Produk Layanan

Penerbitan Rekomendasi Adopsi Anak

3. 

Persyaratan Pelayanan

  1. Surat Permohonan Rekomendasi dari  Pemohon Kepada Kepala Dinas Sosial, PP dan PA Kab. Sekadau (Bermaterai)
  2. Surat Permohonan Rekomendasi dari Dinas Sosial PP dan PA Kabupaten Sekadau Kepada Dinas Sosial Provinsi (Calon Orang Tua Tunggal).
  3. Surat Keterangan Sehat COTA dari Rumah Sakit Pemerintah.
  4. Surat Keterangan Kesehatan Jiwa COTA dari Rumah Sakit Pemerintah. dari Dokter Spesialis Jiwa dari Rumah sakit Pemerintahan.
  5. Foto Copy Akta Kelahiran COTA.
  6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) (COTA) setempat.
  7. Foto Copy Surat Nikah/Akta Perkawinan Calon COTA bagi yang menikah/Akta Cerai.
  8. Foto copy  KTP dan KK COTA
  9. Foto copy  KTP dan KK  Orang Tua Kandung
  10. Foto Copy Akta Kelahiran COTA
  11. Surat Keterangan Penghasilan dari Tempat Kerja COTA.
  12. Surat Izin dari Orang tua kandung/wali yang sah/kerabat dari pihak keluarga kedua COTA (materai).
  13. Surat Pernyataan COTA Angkat bahwa Pengangkatan anak demi kepentingan terbaik anak dan perlindungan anak (materai).
  14. Surat Peryataan COTA Angkat bahwa akan  memperlakukan anak angkat  tanpa diskriminasi sesuai dengan hak-hak dan kebutuhan anak (materai).
  15. Surat pernyataan dan jaminan Calon Orang Tua Angkat bahwa akan memberitahukan kepada anak angkatnya mengenai asal usulnya dan orang tua kandungnya dengan memperhatikan kesiapan anak (materai).
  16. Surat pernyataan/berita acara penyerahan anak dari orang tua kandung kepada Calon Orang Tua Angkat disaksikan oleh dua orang saksi dan diketahui oleh RT atau Lurah setempat (Materai).
  17. Foto Keluarga Calon Orang Tua Angkat dan Anak Angkat.

4.

Sistem Mekanisme dan Prosedur

  1. Pemohon COTA mengajukan permohonan Rekomendasi Adopsi anak ke Dinas Sosial, PP dan PA Kab. Sekadau sebagai syarat Pengajuan ke Dinas Sosial Prov. Kalbar.
  2. Petugas administrasi meregistrasi Surat Permohonan dan menyampaikan ke Sekretaris. Untuk  selanjutnya Sekretaris meminta pertimbangan Kepala Dinas.
  3. Kepala Dinas mendisposisikan Kepada Kepala Bidang.
  4. Kepala Bidang meneruskan Kepada Kepala Seksi untuk ditindak lanjuti.
  5. Kepala Seksi akan melakukan assessment, observasi   serta verifikasi  dan Validasi berkas dari COTA apakah memenuhi syarat untuk dibuatkan surat Rekomendasi atau sebaliknya.
  6. Kepala Seksi dan Petugas /Pekerja Sosial melakukan Home Visit/Kunjungan ke tempat  tinggal orang tua kandung dan Calon Orang Tua angkat, apabila si anak masih dalam pengawasannya dengan maksud melihat kondisi realita yang sebenarnya.
  7. Kepala Seksi membuat Konsep surat Rekomendasi Adopsi Anak dan membubuhkan paraf.
  8. Kepala Bidang memeriksa Surat Rekomendasi dan membubuhkan paraf.
  9. Sekretaris memeriksa Surat Rekomendasi dan memberi paraf.
  10. Kepala Dinas menandatangani Surat Rekomendasi Adopsi Anak.
  11. Kepala Seksi menerima Surat Rekomendasi Adopsi Anak yang telah ditandatangani Kepala Dinas.
  12. Pengiriman Berkas adopsi Ke Dinas Sosial Provinsi
  13. Proses Sidang Pertimbangan Perizinan Pengangkatan (PIPA) Anak  dan Penerbitan SK
  14. SK dan Berkas COTA diberikan ke COTA untuk Pengajuan Sidang Kepengadilan Negeri Untuk Penetapan Anak
  15. Anak diserahkan Kepada COTA secara Permanen

5.

Jangka Waktu Penyelesaian

2- 3 bulan (Menyesuaikan sidang Provinsi)

6.

Biaya /Tarif

Seluruh Proses pendaftaran pemohon  sampai diterbitnya surat  rekomendasi tidak dipungut Biaya/GRATIS.

7.

Penanganan Pengaduan, saran dan masukan

Email :bidang.rehsos.sekadau.@gmail.Com

Telpon/SMS /WhatsApp 085252375905


Posted in Dinas Sosial PP dan PA on Jul 03, 2019

Telah dibaca sebanyak : 186 kali

Tags: Dinas Sosial PP dan PA

Kembali