Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Melapor Ormas



STANDAR PELAYANAN PENERBITAN SURAT KETERANGAN TERDAFTAR ORMAS

Dasar

Hukum

1.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi kemasyarakatan.


2.

Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Republik Indonesia (PERPPU) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan


3.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 16 Tahun 2017 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan Menjadi Undang-Undang


4. Peraturan Daerah Kabupaten Sekadau Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Sekadau

5.  Peraturan Bupati Sekadau Nomor 54 Tahun 2016 tentang kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Fungsi Serta Tata Kerja Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sekadau


No.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Produk Layanan

 PPenerbitan Surat Keterangan Melapor Ormas

2.

Persyaratan Pelayanan
  1. Surat Pengantar Pemberitahuan Keberadaan Ormas ditujukan kepada Bupati Sekadau Up.Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sekadau
  2. Surat Keputusan Pengesahan Status Badan Hukum dari KEMENKUMHAM RI/Pemerintah
  3. SK Susunan Pengurus di Daerah
  4. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Ormas
  5. Biodata pengurus Ormas (ketua, sekretaris dan bendahara)
  6. Pas foto pengurus Ormas (ketua, sekretaris dan bendahara)
  7. Foto copy KTP pengurus Ormas (ketua, sekretaris dan bendahara)
  8. Surat keterangan domisili sekretariat Ormas
  9. NPWP atas nama Ormas
  10. Foto kantor/sekretariat Ormas
  11. Keabsahan kantor/sekretariat Ormas dengan melampirkan bukti kepemilikan/surat ijin kontrak/ijin pakai dari pemilik bangunan

3.

Sistem Mekanisme dan Prosedur

  1. Pemohon mengisi buku tamu dan menyampaikan berkas pengajuan penerbitan Surat Keterangan Terdaftar Ormas
  2. Staf Analis menerima berkas pengajuan penerbitan Surat Keterangan Terdaftar Ormas dan  mengagendakan di surat masuk serta menyertakan lembar disposisi dan menyampaikan ke Kasubbid Ormas
  3. Kasubbid Ormas memeriksa dan memverifikasi kelengkapan dokumen persyaratan serta menyampaikan ke Kabid
  4. Kabid menelaah berkas proposal permohonan penerbitan Surat Keterangan Terdaftar Ormas yang sudah diverifikasi dan diperiksa Kasubbid
  5. Kabid memerintahkan Kasubbid dan Staf Analis membuat draf surat Keterangan Melapor (bagi ormas berbadan hukum) atau Surat Keterangan Pemberitahuan Keberadaan Ormas (bagi ormas yang tidak berbadan hukum)
  6. Kabid Memeriksa dan memaraf draft surat keterangan keberadaan Ormas yang telah dibuat Kasubbid Ormas dan Staf Analis
  7. Mengajukan draft surat Surat Keterangan keberadaan ormas beserta berkas persyaratan kepada Sekretaris untuk diparaf
  8. Menandatangani draft surat Surat Keterangan keberadaan Ormas
  9. Memberikan nomor surat Surat Keterangan Keberadaan Ormas
  10. Memperbanyak serta mengesahkan/memberi stempel pada Surat Keterangan Keberadaan Ormas
  11. Menyerahkan Surat Keterangan Keberadaan Ormas kepada Pemohon dan pihak terkait lainnya sesuai tembusan

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

Kurang lebih 1 (satu) hari

5.

Biaya/Tarif

Seluruh proses tidak dipungut biaya

6.

Penanganan Pengaduan, saran dan masukan

Email : kesbangpol.kabsekadau2017@gmail.com

No. Hp : 081345924156

Posted in Badan Kesbangpol on Jun 18, 2021

Telah dibaca sebanyak : 13 kali

Tags: Badan Kesbangpol

Kembali