Pelayanan Permohonan Penyediaan Alat Bantu Disabilitas



STANDAR PELAYANAN PERMOHONAN PENYEDIAAN ALAT BANTU DISABILITAS

 

NO

 

KOMPONEN

 

URAIAN

1.

Dasar Hukum
  1. Undang –Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteran sosial.
  2. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2018  tentang Penyandang Disabilitas.
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 52 tahun 2019 tentang upaya Peningkatan Kesejahteran Sosial Penyandang Disabilitas.
  4. Peraturan Peresiden (Perpres) Nomor 67 Tahun 2020 tentang Syarat dan tata cara Pemberian Penghargaan dan Penghormatan Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

2.

Produk Layanan

Penyedian Alat Bantu Disabilitas

3.

Persyaratan Pelayanan

  1. Surat Pengantar dari desa
  2. Surat Keterangan tidak mampu (SKTM)
  3. Foto Copy KTP
  4. Foto Copy Kartu Keluarga
  5. Foto seluruh badan Pemohon Penyandang Disabilitas

4.

Sistem Mekanisme dan Prosedur

  1. Pemohon mengajukan surat pemohonan alat bantu disabilitas sesuai jenis kedisabilitasanya melalui Desa dengan surat pengantar dari Petugas Desa
  2. Petugas administrasi melakukan registrasi surat Pemohon dan menyampaikan ke Sekretaris. Untuk selanjutnya Sekretaris meminta pertimbangan Kepala Dinas.
  3. Kepala Dinas memberikan disposisi kepada Kepala Bidang dan dilanjutkan kepada Kepala Seksi.
  4. Kepala Seksi akan melakukan Observasi serta verifikasi dan Validasi Berkas apakah memenuhi syarat untuk dapat bantuan Alat disabilitas atau sebaliknya dikembalikan kepada Pemohon.
  5. Kepala Seksi membuat SK Bupati dan Berita Acara serah terima barang
  6. Kepala Bidang memeriksa dan memberi paraf SK Bupati dan Berita Acara Serah Terima barang untuk dilanjutkan kepada Sekretaris.
  7. Sekretaris memeriksa dan memberi paraf Koordinasi SK Bupati.
  8. Kepala Dinas memeriksa dan memberi paraf Draf SK Bupati tentang Nama-nama penerima Alat Bantu Disabilitas untuk selanjutnya dikembalikan ke Kepala Seksi .
  9. Kepala Seksi menyerahkan Draf SK Bupati kepada admin JDIH untuk dikoreksi di bagian Hukum.
  10. Petugas administrasi melakukan registrasi dan penomoran serta mengarsipkan SK Bupati tentang Nama-nama Penerima Alat Bantu Disabilitas dan Berita Acara Serah Terima Barang yang telah selesai diproses.
  11. Pemohon menerima alat bantu disabilitas dengan Foto Penyerahan barang dan menanda tangani berita Acara (BA).

5.

Jangka Waktu Penyelesaian

2 - 3 Bulan ( Sesuai dengan Ketersedian barang dan Penetapan SK Bupati Nama- nama Penerima Alat Bantu Disabilitas.

6.

Biaya /Tarif

Tidak di pungut biaya / GRATIS.

7.

Penanganan pengaduan, saran dan masukan

Email : bidang.rehsos.sekadau.@gmail.Com

Telpon/SMS/ WhatsApp 085252375905

Posted in Dinas Sosial PP dan PA on Jun 18, 2021

Telah dibaca sebanyak : 15 kali

Tags: Dinas Sosial PP dan PA

Kembali