Pelayanan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni ( RS-RTLH ) Pedesaan



STANDAR PELAYANAN REHABILITASI SOSIAL RUMAH TIDAK LAYAK HUNI ( RS-RTLH ) PEDESAAN


NO

 

KOMPONEN

 

URAIAN

1.

Persyaratan

Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH ) Fakir Miskin Perdesaan.

2.

Persyaratan RTLH

  1. Proposal pengajuan RTLH ( tidak berkelompok ).
  2. Surat keterangan berdomisili di tanda tangan oleh  Kepala Desa, dan di ketahui oleh Camat(jika tidak memiliki KTP/KK).
  3. Surat keterangan tidak mampu,ditanda tangan oleh Kepala Desa dan di ketahui oleh Camat.
  4. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP )
  5. Foto Copy Kartu Keluarga (KK ).
  6. Foto Rumah Tidak Layak Huni.
  7. Surat pengantardari Camat.

3.

Sistem Mekanisme dan Prosedur

  1. Pemohon ( Calon Penerima bantuan RTLH )mengajukan Proposal Rumah Tidak Layak Huni Ke Dinas SosialPPPA Kab. Sekadau Bidang Pemberdayaan Sosial Masyarakat Miskin.
  2. Petugas administrasi meregistrasi dan pengecekan kelengkapan Proposal Pengajuan RTLH.
  3. Petugas administrasi meneruskan kepada Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Masyarakat Miskin Pedesaan.
  4. Verifikasi  Proposal pengajuan RTLH Tahap kedua oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Masyarakat Miskin Pedesaan.
  5. Kepala Seksi meneruskan kepada Kepala Bidang untuk pengambilan keputusan atas pengajuan proposal.
  6. Kepala Bidang meneruskan ke Kepala Dinas Sosial, PP dan PA Kab. Sekadau untuk persetujuan proposal RTLH.
  7. Kepala Dinas memberikan surat rekomendasi atas persetujuan proposal RTLH kepada Kepala Bidang untuk pencairan bantuan
  8. Pemohon ( Calon Penerima bantuan RTLH )mengajukan Proposal Rumah Tidak Layak Huni Ke Dinas SosialPPPA Kab. Sekadau Bidang Pemberdayaan Sosial Masyarakat Miskin.
  9. Petugas administrasi meregistrasi dan pengecekan kelengkapan Proposal Pengajuan RTLH.
  10. Petugas administrasi meneruskan kepada Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Masyarakat Miskin Pedesaan.
  11. Verifikasi  Proposal pengajuan RTLH Tahap kedua oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Masyarakat Miskin Pedesaan.
  12. Kepala Seksi meneruskan kepada Kepala Bidang untuk pengambilan keputusan atas pengajuan proposal.
  13. Kepala Bidang meneruskan ke Kepala Dinas Sosial, PP dan PA Kab. Sekadau untuk persetujuan proposal RTLH.
  14. Kepala Dinas memberikan surat rekomendasi atas persetujuan proposal RTLH kepada Kepala Bidang untuk pencairan bantuan RTLH.
  15. Verifikasi dan validasi calon penerima bantuan RTLH kelapangan dilaksanakan oleh Kepala Bidang dan Kepala Seksi beserta staf teknis kantor guna memperoleh informasi keberadaan serta pengecekan keadaan rumah.
  16. Melaksanakan sosialisasi / pertemuan terhadap calon penerima bantuan RTLH dengan Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Masyarakat Miskin.
  17. Administrasi penyelesaian berkas proposal calon penerima RTLH dan membuat SK penetapan nama penerima Rumah Tidak Layak Huni yang disetujui oleh Bupati Sekadau.
  18. Penyaluran bantuan  material untuk bahan bangunan dilaksanakan oleh pihak ke tiga dan diserahkan langung ke calon penerima bantuan RTLH.

4.

Jangka Waktu penyelesaian

Proses penyaluran bantuan kurang lebih 1( satu ) bulan.

5.

Biaya / TarifProduk Pelayanan

Seluruh proses pengajuan sampai penyaluran tidak di pungut biaya/GRATIS.

6.

Penanganan Pengaduan, saran dan masukan

Email :

Telpon/SMS/WhatsApp

0813-5186-0456.

Posted on Jul 03, 2019

Telah dibaca sebanyak : 171 kali

Tags:

Kembali