Rekomendasi Pembuatan Paspor Pekerja Migran Indonesia



Rekomendasi Pembuatan Paspor Pekerja Migran Indonesia

No.

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  1. Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 22 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri;
  2. Peraturan Bupati Sekadau Nomor 31Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Sekadau Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pendelegasian Kewenangan Penandatanganan Penerbitan Perizinan Dan Nonperizinan  Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kabupaten Sekadau.

2.

Persyaratan Pelayanan

Melampirkan persyaratan:

1. Karyawan pelaksana penempatan tenaga kerja indonesia swasta PPTKIS:

  1. Surat permohonan verifikasi dokumen CTKI;
  2. Surat izin pengerahan;
  3. Surat pengantar rekrut CTKI;
  4. Surat tugas;
  5. Surat perjanjian penempatan CTKI (diketahui oleh dinas kota setempat);

SK pengangkatan karyawan PPTKIS;

2. Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI)

  1. Fotokopi KTP;
  2. Kartu Keluarga;
  3. Akta Kelahiran;
  4. Ijazah;
  5. Surat izin keluarga diketahui kepala desa;
  6. Surat nikah;
  7. Perjanjian penempatan;

3.

Mekanisme dan Prosedur

  1. Pengambilan formulir dan informasi permohonan  di loket  front office (FO);
  2. Pengajuan berkas permohonan untuk dilakukan verifikasi di loket front office (FO);
  3. Apabila berkas permohonan dinyatakan lengkap maka dapat diterima dan diberi nomor pendaftaran serta dilakukan pencatatan, jika berkas tidak lengkap akan dikembalikan kepada pemohon oleh petugas front office (FO);
  4. Berkas yang telah diverifikasi oleh front office dilanjutkan pemrosesannya oleh petugas Back Office (BO);
  5. Dilakukan peninjauan lapangan oleh DPMPTSPTK bersama dengan Tim Teknis untuk menentukan memenuhi syarat atau tidaknya usaha/kegiatan untuk dikeluarkan izin dan dibuatkan BAP Tim Teknis yang diketahui atasan langsung Tim Teknis (apabila diperlukan);
  6. Berdasarkan  BAP Teknis, jika permohonan disetujui maka perizinan diproses. Jika permohonan ditolak maka disiapkan surat pengembalian dokumen kepada pemohon. Jika permohonan disetujui dengan syarat maka disampaikan surat kepada pemohon untuk segera memenuhi syarat yang ditentukan agar proses perizinan dapat dilanjutkan;
  7. Permohonan perizinan yang telah disetujui untuk dapat diterbitkan dilanjutkan prosesnya dan dilakukan pencetakan sertifikat izin;
  8. Penyerahan sertifikat izin  oleh petugas Front Office (FO).


4.

Jangka Waktu Penyelesaian

  5  Hari Kerja

5.

Biaya /Tarif

  0,-

6.

Produk Pelayanan

  Surat Rekomendasi Pembuatan Paspor Pekerja Migran Indonesia

7.

Penangan Pengaduan, saran dan masukan

  1. Melalui Kotak Saran dan Pengaduan;
  2. Melalui Telepon/Fax : 0564 – 2042075
  3. Surat / Email :kpmtskd2014@gmail.com
  4. Petugas Loket Pengaduan.


Posted in Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja on Oct 25, 2019

Telah dibaca sebanyak : 156 kali

Tags: Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja

Kembali